Rabu, 04 Mei 2016

Humas, citra individu dan organisasi.


Manusia bukanlah mahluk individu semata. Dia diciptakan sebagai mahluk individu sekaligus mahluk sosial. Tuhan sekalipun memberi penugasan pada manusia berupa tugas individu dan tugas sosial.

Sejak kecil, model pembelajaran juga melibatkan tugas individu dan tugas kelompok. Model itu dua duanya penting karena kemampuan seseorang harus dinilai baik ketika sendiri terutama ketika ia berkelompok.

Kesuksesan seseorang untuk meraih posisi yang tinggi lebih diukur dari bagaimana ia membangun relasi di tengah masyarakat. Sukses tidak hanya diukur dengan pencapaian materi semata tetapi bagaimana ia bisa memberi banyak arti dengan amalan terbaiknya bagi sesama.
Sukses bukan diukur pada berapa yang dimiliki tetapi berapa kontribusi dia pada lingkungannya dari lingkungan terkecil sampai lungkungan terbesar.

Dalam tataran organisasi, fungsi manajemen hanya bisa dijalankan ketika seseorang bisa berinteraksi dengan baik di lingkungan internal organisasi maupun di lingkungan eksternal.
Hubungan masyarakat yang baik merupakan syarat mutlak bagi keberhasilan organisasi. Inti kehumasan adalah bagaimana organisasi bisa memiliki citra baik. Citra itu muncul dari pribadi-pribadi yang baik dalam organisasi.

Pribadi yang memiliki sikap yang baik yang bisa dipercaya, punya kompetensi keahlian dan pengetahuan yang baik. Ia bisa menyampaikan informasi dengan baik kepada masyarakat sehingga bisa melaksanakan fungsi mengugah masyarakat untuk menaruh kepercayaan pada dirinya dan organisasinya.

Semua berawal pada kepercayaan. Kepercayaan adalah modal paling utama membangun hubungan dengan siapapun dalam masyarakat. Hubungan yang baik dimulai dengan pribado berkharakter baik.
Agar DJP bisa menjalankan visi dan misinya, seluruh pegawai dari level atas sampai bawah harus menjadi pribadi yang bisa dipercaya masyarakat. Ia akan didengar dan dipercaya ucapannya dan diikuti tindakannya.

Kesadaran masyarakat terhadap pajak dimulai dari kesadaran aparat pajak untuk masing-masing membangun hubungan yang baik dengan masyarakat.

Semua pegawai menjadi Public Relation bagi individu dan organisasi. Entah citra baik atau buruk yang ditampakan.

Jadilah pribadi yang baik untuk kebanggaan keluarga dan institusi. Eka Sila Kusna Jaya Kanwil Djp Papua Maluku
AHE