Senin, 23 Mei 2016

Terimakasih Telah Berbagi.


Teringat "Alkemis", novel inspiratif Paulo Coelho tentang makna sebuah harapan dan perjuangan mengejar cita-cita, meski awalnya hanya sebatas mimpi semata. Keinginan mengejar harta karun dilalui dengan perjuangan dan pengorbanan.

Pada titik kritis dimana harta karun seolah akan segera datang karena peta sudah sangat sesuai, muncul tantangan yang sangat menggoyahkan. Meskipun harta itu akan segera didapat tetapi apa daya pada akhirnya harta itu akan jatuh ke tangan perampok.

Ia tidak menyerah kalah karena kebahagian bagi ia bukan saat ia akan menerima harta karun sebagai hasilnya, tetapi kebahagian dengan perjuangan dan ilmu ilmu hidup yang banyak diperoleh dalam perjalanannya.

Jawaban penting justru ia dapat tatkala harta yang digali tidak nampak sampai sang perampok menceritakan mimpinya tentang harta karun yang ada di tempat ia selama ini tinggal. Kenapa Tuhan tidak langsung memberi petunjuk dengan mimpi sebagaimana mimpi sang perampok.

Kenapa ia harus berpeluh keringat dan berjalan jauh bahkan mengarungi samudera yang luas. Barangkali Tuhan sedang mengajarkannya untuk mencari ilmu yang selama ini belum ia miliki. Karena harta itu akan lebih bermanfaat ketika bekal ilmu mengelolanya sudah ia dapatkan. Tatkala harta dimiliki tetapi ilmu tidak siap mungkin ia akan jatuh bahkan terhinakan.

Itulah etape kehidupan yang jawabannya akan banyak disadari ketika semua sudah terlewati. Disitulah Allah memuji orang-orang yang menggunakan akalnya untuk berpikir tentang misteri kehidupan.

Barangkali kita harus pergi jauh untuk bertemu teman-teman terbaik yang memberi banyak ilmu kepada kita. Menyadarkan betapa luasnya samudera ilmu sehingga samudera harus dilewati untuk memperolehnya.

Hal terberat adalah memulai langkah. Semoga dimanapun perjumpaan melahirkan pencerahan karena ada ilmu disitu yang menyinarinya.

Teruntuk teman teman diskusi di Papua, Asep Wahyudin Nugraha Argo A. Nugroho Primandita Fitriandi dkk terimakasih berbagi pengetahuan. Semua teman-teman yang telah memberikan inspirasi, terimakasih telah berbagi.
Abepura..AHE

Blog Archive