Selasa, 09 Agustus 2016

Amnesti pajak dan Google

Amnesti Pajak dan Google

Entah imajinasi saya yang liar ataupun hasrat mencari analogi atas sesuatu yang ingin saya sederhanakan dari kasus perpajakan, saya melihat ada korelasi analogi antara amnesti pajak dan google. Saya melihat google melakukan riset yang saya yakin berbiaya besar dan butuh waktu tetapi sesudah itu ia menggratiskan aplikasi yang sudah ia buat. Semacam open source hingga tidak ada sekat bagi orang lain untuk mengembangkannya.

Barangkali saya akan berpikir rugi banget ya sesuatu yang kita buat dengan tidak mudah dan berbiaya besar lantas digratiskan. Ternyata google tidak merugi tetapi justru ia berkembang dan bertambah besar. Semisal saya bandingkan dengan yahoo yang emailnya saya kenal duluan tetapi saat ini saya lebih banyak menggunakan email google. Saya melihatnya karena fokus google bukan jualan aplikasi tetapi google membuat aplikasi gratis untuk menciptakan big data yang setelah diolah menjadi peta-peta hebat termasuk pemetaan konsumen dan peta hasrat manusia sedunia.

Mungkin saja kebijakan amnesti pajak juga bisa dianalogikan dengan model google tadi. Ada kebutuhan untuk mengumpulkan big data dengan penuh kerelaan tanpa unsur ketakutan untuk masa depan dengan kemungkinan adanya opportunity cost yang lain yang memang harus dikorbankan. Anggap ongkos riset membuat aplikasi gratis dari google sebagai ongkos amnesti.

Pertanyaan ke depan adalah apakah amnesti bisa menjadi pintu masuk big data sebagai bahan pemetaan potensi pajak yang akan datang. Inilah pertanyaan besar bagi otoritas pajak ke depan agar sesuatu yang menjadi tujuan utama bisa diraih. Jangan sampai pengorbanan di awal menjadi tersia-siakan. Hari ini baik negara atau swasta harus pintar dan cerdik melihat peluang dan tantangan karena sebagaimana penguasa semisal nokia dan blackberry akhirnya tergilas karena tidak memiliki posisioning yang jelas dan respon terhadap perubahan zaman.

Siapkah otoritas atau negara merespon. Kita tunggu saja.
Gerentes hate
GERENTES HATE AHE

Blog Archive