Selasa, 09 Agustus 2016

Angka 3 Tax Amnesty

Angka 3 Tax Amnesty
Ada nasehat-nasehat penting terkait angka 3 yakni mengenai sesuatu yang tidak bisa kembali yakni waktu,ucapan dan kesempatan. Ada tiga hal yang merusak hidup yakni amarah,angkuh dan dendam. Demikian pula ada tiga hal yang tidak boleh hilang yakni harapan, ikhlas dan kejujuran. Ada tiga yang tidak pernah kita tahu yakni rejeki, umur dan jodoh. Barangkali banyak nasehat lain yang terkait dengan angka tiga.

Ketika perlombaan akan dimulai umumnya ada tiga instruksi yakni satu siap,dua sedia, dan ketiga ya. Tiga menjadi angka yang favorit bahkan sampai dengan merk minuman, semen, obat nyamuk, dan pulsa telepon selular. Satu yang menggelitik bahkan proses perceraian  keluarga juga menggunakan angka tiga. Tiga seolah memberi banyak makna.

Entah ada kaitan atau tidak, jangka waktu tarif amnesti pajak diatur dalam tiga periode waktu masing-masing tiga bulan. dan tiga kali kesempatan untuk menyampaikan surat pernyataan. Selain itu jangka waktu penyimpanan harta diatur tiga tahun dan jangka waktu pengujian tiga tahun.

Apakah spirit kejiwaan undang-undang tax amnesty adalah bahwa ada sesuatu yang tidak bisa kembali yakni waktu,ucapan dan kesempatan. Apakah ini bisa diartikan bahwa amnesti ini adalah sesuatu yang diharapkan tidak mungkin terulang dan merupakan kesempatan terakhir. Apakah amnesti berarti menghilangkan kharakter angkuh,dendam dan amarah diantara anak-anak bangsa. Apakah tiga dalam amnesti juga didorong agar punya kita semua punya harapan,keikhlasan dan kejujuran.

Seandainya itu bahasa simbolik dari undang-undang tax amnesty semoga pada akhirnya akan menginapirasi bahwa ada kesempatan yang tidak kembali yang betul-betul dimanfaatkan dengan penuh kejujuran,keikhlasan tanpa ada dendam karena yang satu lebih merasa berjasa dan lebih merasa jujur dibandingkan yang lainnya.

Yang pasti tiga hal penting dalam amnesti pajak yakni ungkap-tebus-lega.
Gerentes Hate

Blog Archive