Sabtu, 13 Agustus 2016

Ternyata ada yang lebih Penting

Ternyata ada yang lebih penting

Hidup sejak awal memang membawa konsekuensi persaingan. Ilmu ekonomi lahir karena ada keterbatasan sumber daya sehingga semua harus berkompetisi memaksimalkan usahanya. Disinilah pemenang di tentukan oleh mereka yang bisa menerapkan solusi terbaik dari setiap permasalahan yang ada.

Dalam dunia bisnis semua saling berupaya merebut pangsa pasar. Keunggulan suatu teknologi misalnya selalu direspon oleh para pesaing. Demikian juga dengan harga. Perang tarif antar perusahaan menunjukan bagaimana pasar bergerak karena ada pergerakan harga pasar. Teknologi saat ini sepertinya menjadi penguasa karena bagian ini yang agak sulit ditiru meskipun perusahaan bisa saling membajak pegawai.

Harga adalah komponen yang paling rentan ditiru, demikian juga dengan waktu kerja. Model diskon paling mudah ditiru. Penambahan jam kerja pegawai untuk mengejar output produk juga mudah direspon pesaing karena melimpahnya calon tenaga kerja yang membutuhkan pekerjaan.

Lantas apa yang paling penting? Pertama adalah bagaimana perusahaan mempunyai visi misi yang jelas dan di posisi mana ia akan bersaing. Keunggulan komparatif atau keunggulan kompetitif menjadi salah satu contoh bagaimana kita menempatkan posisi kita. Apakah akan bermain dalamta  produk sama dengan teknologi berbeda  atau kita memilih produk yang berbeda karena kita tidak memiliki teknologi yang lebih unggul. Kita mau mengembangkan industri otomotif misalnya atau kita kembangkan industri makanan dimana kita memiliki bahan baku yang cukup.

Selain itu penting juga bagi perusahaan untuk menjaga  konsistensi kebijakan yang diambil. Perusahaan harus lentur tetapi tidak lantas terus mengalami perubahan karena beratnya persaingan. Perusahaan jangan terus membangun istana pasir di pantai yang setiap selesai dibuat lantas dirobohkan. Komitmen harus dijalankan dengan konsisten.

Pilihan menerapkan  diskon dan penambahan kapasitas waktu bisa menjadi pilihan. Namun demikian karena ini mudah ditiru pesaing saatnya kita melirik pilihan lain karena barangkali ada yang lebih penting untuk dipikirkan.

Gerentes Hate
AHE

Blog Archive