Sabtu, 01 Oktober 2016

Deklarasi dan segmentasi Edukasi

Deklarasi dan Segmentasi Edukasi

Salah satu kelebihan dari google bahkan mungkin penyedia jasa perdagangan saat ini adalah kemampuan mereka memanfaatkan data besar dan mensegmentasi pasar untuk kepentingan bisnisnya. Model pemasaran akan lebih fokus dan tepat sasaran karena target konsumen lebih jelas.

Mereka akan menawarkan "jualannya" pada target konsumen yang jelas. Produk tas akan ditawarkan pada penggemar tas, sepatu, dan lain sebagainya pada sasaran yang telah terpetakan dengan jelas. Ujungnya semua efektif dan efesien karena peta konsumen sudah dimiliki secara lengkap karena preferensinya telah tergambar.

Benih kesadaran masyarakat dengan kepercayaannya pada negara untuk mendeklarasikan harta harus dirawat dan dipupuk sedemikian rupa sehingga perencanaan dari mulai edukasi perpajakan juga akan tepat sasaran. Harta yang bergerak di sektor riil dan sektor moneter akan lebih mudah dipahami aspek potensi pajaknya.

Deklarasi berupa harta bergerak yang berpotensi menghasilkan pendapatan, demikian pula harta dalam bentuk persediaan bahkan surat berharga akan membentuk variasi jenis penghasilan masyarakat yang perpajakannya berbeda-beda.

Disinilah model edukasi harus mulai terarah. Masyarakat yang bergerak di sektor pertanian harus di edukasi perpajakan yang berbeda dengan mereka yang bergerak di industri keuangan. Ke depan edukasi harus terintegrasi tidak secara parsial per jenis pajak tetapi per jenis usaha masyarakat.

Efektifitas dan efesiensi edukasi akan lebih tepat sasaran. Banjir informasi perpajakan yang begitu besar harus disalurkan pada mereka yang benar-benar membutuhkannya. Seorang akan lebih tertarik dengan model edukasi yang menjawab permasalahannya dan bukan permasalahan orang lain.

Saat ini kecepatan sudah menjadi kebutuhan mendasar tiap orang. Masyarakat tertentu hanya butuh informasi untuk kepentingannya dan demikian pula masyarakat lain membutuhkan informasi yang berbeda-beda. Otoritas harus memahami apa yang menjadi kebutuhan informasi masyarakat berdasarkan jenis profesi masyarakat.

Program amnesti tidak hanya dilihat dari sekedar besarnya uang tebusan tetapi jauh lebih penting bagaimana data masyarakat bisa masuk dan dipetakan dengan benar sehingga arah edukasi perpajakan pun bisa diarahkan pada sasaran yang lebih tepat.

Mari kita rawat benih yang telah mulai tumbuh ini dengan pupuk yang tepat dengan alat yang cocok sehingga benih itu akan tumbuh dan berbuah lebat. Jangan biarkan benih itu tersia-siakan ! #satujiwa untuk #indonesiajaya

Gerentes Hate
AHE